Alhamdulillah setelah selesai belajar di pesantren 7 tahun yang lalu, Allah masih panjangkan umur saya hingga saya bisa menulis artikel retjeh ini.
Tepat 7 tahun yang lalu, 31 Mei 2014 saya dan teman-teman diwisuda. Wisuda tingkat MA ya bukan sarjana, hehe.
Sekarang, 31 Mei 2021 dimana saya akan menulis artikel tentang kenangan-kenangan di pondok yang masih saya ingat saat ini. Tidak berurutan, namun yang saya ingat saat detik itu juga. Hahaha
Disclaimer: setiap pondok berbeda2 polanya. Kalau ini di pondok saya di Jawa Barat.
1. Pemberian kosakata pertama yang didapat itu : SOHNUN PLAAAAATE, KUUUBUN GLAAAS, MILAQOTUN SPOOOOON bacanya sambil teriak teriak didepan asrama wkwkwk
2. Suka lupa pake kerudung keluar kamar pas jadi anak baru wkwkwk karena sebelumnya saya tidak berhijab
3. Kalo makan ayam cuma seminggu sekali. Yaitu Jumat siang. Udah pasti itu. Wkwkwk
4. Menu makan sehari 3 kali. Udah dijadwalkan. Dan jadwalnya gak pernah berubah dari generasi ke generasi. Jadi sampai hafal. Wkwkwk gak tau saya kalo sekarang .
5. Menu Favorit anak santri sepondok itu TEMPE kecap manis gitu. Setiap pagi hari Selasa kalo gak salah. Soalnya itu paling rame di dapur ngantrinya panjaaaaaaang banget sampai keluar-keluar dapur wkwkwk
6. Piket Jaga malam. Sebelum jaga malam keliling kamar temen2 minta jatah cemilan buat malem. Walhasil bukan jaga malam tapi begadang sambil makan malam wkwkw
7. Nyuci piring di birkah. Alias kolam yang gedeeeeeeeeee banget airnya ijooooooo kayak cincau. Seperti danau gitu. Cukup dalam juga tapi kepala masih kelihatan lah. Jadi tiap habis makan ya nyuci piring nya kita disitu.
8. Kalau mandi ngantri banget dan yang ngantri bukan orangnya, tapi Gayung nya wkwkwk.
9. Kalau saya pernah kabur ke pondok. Kabur disini maksudnya keluar tanpa ijin tapi balik lagi gitu. Waktu itu saya kerumah temen saya yg rumahnya Deket sama pondok. Dan gak ketahuan untungnya wkwkwk
10. Surganya pondok itu pas jadi pengurus pondok. Saya waktu itu kebagian jadi bagian informasi, dan bagian ini punya ruangan tertutup sendiri. Saat itu ruangannya di kolong tangga, sempit banget tapi betah lama lama disitu soalnya gak ada yang liat wkwkwk
11. Di ruangan itu saya sering tidur didalam. Sampe ditegur teman sekamar wkwkwk. Alasan ingin begadang. Disitu saya juga sering menulis di buku tulis. Biasanya nulis utk menghafal atau menulis puisi sih kebanyakan.
12. Di ruangan itu saya menyimpan Laptop kecil alias Notebook, terus radio kecil yg bisa masukin memori card. Jadi saya juga suka ngajak temen lain kedalam wkwkwk berdua doang muatnya
13. Waktu jadi bagian informasi sering bolak balik ke putra buat ngambil proyektor untuk nyiapin nobar di putri wkwkwk. Pernah juga dilemparin sampah plastik gara2 tontonannya gak sesuai dengan keinginan penonton. Sering banget diteriakin, dipanggil, kalo nyetel lagu atau film yg gak sesuai. Wkwkwk
14. Kalo jadi pengurus itu surga banget dibandingin waktu jadi anak baru. Kita bisa lebih sering dan lebih mudah izin keluar pondok karena ada urusan untuk keperluan pondok.
15. Di pondok kami, kami dididik untuk mandiri. Dari kami untuk kami. Untuk acara-acara yang berkaitan dengan divisi kami sendiri. Kami yang harus cari dananya sendiri. Jadi kami suka bikin program2 yang memungut biaya kepada adik-adik kelas kami sebagai rakyat. Hehehe Kami juga keluar cari proposal.
16. Saya pernah ijin ke Jakarta cari proposal. Ke Blok M sampe ke Gema Insani Depok juga pernah, tapi gak dapet wkwkwk. Susahnya nyari proposal di kota. Karena orang itu butuh kepercayaan. Jadi, saya minta bantuan mamah saya untuk Galang dana buat bikin SEMINAR di pondok wkwkwk
17. Di pondok itu sibuk banget. Hari libur lah hari yang lebih sibuk dari hari hari belajar di sekolah. Karena banyak banget kegiatan tambahannya.
18. Sering banget barang barang hilang. Kalau saya itu khususnya CD sering banget kehabisan dan minta dibawain orangtua. Wkwkwk. Saya duga itu jatuh di jemuran terus kotor, terus dibuang oleh yang piket disitu. Kalau ada yg nyuri mah gak tau juga sih.wkwkwkw
19. Terus yg sering digosob itu sendal . Gosob itu istilah kami buat barang yang dipinjam tapi gak bilang bilang. Itu GOSOB namanya.
20. Istilah yg viral selain gosob itu ada juga GOER MUADAB, biasa dibilang sama kakak kelas biasanya buat adik kelas yang gak sopan menurut dia. Wkwkwkwk
21. Solat Jamaah diabsen waktu jadi pengurus sama ustadzah. Kalo gak diabsen suka pada gak jamaah Wkwkwk
22. Setiap hari itu pasti ada aja santri yang dipanggil oleh ustazah soal gak pake bahasa untuk dihukum. Karena kami setiap hari ada Jasusah atau mata-mata nyari siapa yang gak pakai bahasa Arab atau Inggris di pondok.
23. Pakaian gak boleh neko-neko. Pakai gamis pun harus yang biasa aja modelnya. Lurus lurus gitu.
24. Saya dan teman-teman pernah ngerasain minum air pake EMBER buat nyuci itu wkwkwk itu saat kegiatan Pramuka.
25. Pernah juga ngerasain jurit malam buat melatih mental. Tengah malam gitu kita satu2 dibangunin. Terus disuruh jalan sendirian sesuai rute. Ada penjaganya tiap pos. Jalan sendirian dari pondok sampe keluar pondok kampung2 gitu tengah malam sampai menjelang subuh. Ditengah jalan tuh ada kakak pengurus yang nakut2in pake suara setan gitu. Terus pake wujud juga ada. Terus tiap pos kita dites pertanyaan tentang agama gitu. Endingnya kita tuh ngumpul di lapangan . muhasabah gitu. Nangis berjamaah.
26. Dulu itu kalo telat jamaah ke masjid dihukum. Waktu jaman saya itu telapak tangan dipukul pake penggaris besi. Suakiiiiiiiittttt banget. Jadi tiap waktu ke mushola itu kita dihitung sama kakak pengurus mushola pake teriak teriak gitu depan musola. Hitungan berakhir kita dianggap telat dan dipukul tangannya. Kalo sekarang kayaknya udah gak ada deh.
27. JAROS adalah lonceng besar terletak dekat musola. Pukul pelan aja suaranya nyaring banget. Pukul JAROS ini kerjaannya pengurus. Saya dulu pernah juga ngerasain menyentuh rajanya pondok ini. Wkwkwkw
28. JAROS kita tuh ada 2 yang satu kecil itu dipukulnya banyak buat peringatan dan buat bangunin tidur tuh nah. Yang satu lagi itu jarosnya gede untuk kode.
Seingat saya itu kodenya gini:
Dipukul 1x itu tanda berakhirnya kegiatan. Dipukul 2x itu tandanya kita harus ke kamar mandi siap siap ke musola atau ke kasur
Dipukul 3x itu tandanya mulai kegiatan. Mau sekolah, atau solat, atau apa aja deh.
Dipukul 4x itu tandanya ada perkumpulan besar
Terus kalo bangun tidur itu pukulannya berapa ya, duh saya lupa wkwkwkwk
29. Jadi, setelah lonceng didentangkan. Pengurus itu menghitung kami sampe 3 atau lima. Pakai bahasa Arab atau Inggris.
Kek gini hitungnya sambil teriak teriak maklum orangnya kan banyak jadi biar kedengeran:
"Ahsubukunna Hatta khomsah. Wahiiiiiiid, Isnaaaniiiiiii, Tsalasah" nah pas lagi dihitung kayak gini tuh. Santri gedebak gedebuk pada lari buru buru wkkwkwkwk
Kalo habis, kita dianggap telat. Terus dapat hukuman. Biasanya ya itu tadi dipukul tangannya pakai penggaris. Sakiiiiiit. Perih. Tapi sakitnya nggak yang sampai luka terus masuk rumah sakit sih. Kagaaaaak. Nanti mah hilang sakitnya juga.
30. MUHADOROH atau pidato. Seminggu 2 kali kita tuh disuruh pidato 3 bahasa. Indonesia , Arab, Inggris. Bergilir, jadi Khotib, atau penonton, atau piket yang nyiapin ruangannya. Dan pidato bhs Arab/inggri ini biasanya paling ditakuti dan bikin malas banyak santri tapi tetep aja mau gak mau harus ikut. Gak jarang suka ada yang ngumpet atau pura2 sakit wkwkwkwk
Fyi. Pidatonya itu kita yang buat sendiri loh tanpa searching di google. Tanpa translate di Gugel. Nyari sendiri dibuku referensinya, translate sendiri modal buka kamus fisik. Jadi, semua santri wajib punya kamus pribadi bahasa Arab dan inggris.
Meskipun jauh dari sempurna tapi inilah proses belajar kami untuk berani dan percaya diri.
Cukup sekian poin yang bisa saya sampaikan, karena waktu saya yang terbatas. Maklum udah punya buntut 2, hihihi.
Semoga dilain waktu bisa saya sambung lagi. Semoga bermanfaat :)
Makasih yah, udah mau mampir di rumah online aku ini. Jangan lupa stalkingin tulisan menarik lainnya . Bye.


Jadi kebayang sama putraku waktu nyantri jugantapi, sayang tidak sampai tamat. Hiks
ReplyDeleteBkin flashback. Wkwkwk Nice content
ReplyDeleteYa ampun jadi senyum2 sendiri bacanya wkwk
ReplyDeleteEuhhh...jd keinget lg ☺
ReplyDeleteHai, salam kenal kak.
ReplyDeleteSaya juga mondok 6 tahun, kebanyakan relate sih wkwk